Beranda > Nge-Blog > Menambahkan foto di blog WordPress

Menambahkan foto di blog WordPress

Bila kita melihat suatu konten blog, pasti ada muatan foto atau gambar. Kurang menarik rasanya bila suatu blog tidak ada gambar yang bisa ditampilkan karena gambar itu menjadi suatu penunjuk kepada sesuatu. Nah, saya akan memberikan sedikit tips bagaimana cara kita menambahkan konten gambar di dalam blog wordpress kita.

WordPress memiliki cara tersendiri bagi para blogger untuk meletakkan gambar-gambar tersebut di dalam suatu blog. Pertama-tama adalah menyimpan gambar yang kita miliki di dalam direktori gambar wordpress, hal ini dilakukan dengan cara memilih menu Media yang terletak di dalam konsol admin blog kita.

wrdpress_media


Perhatikan lingkaran berwarna merah pada gambar diatas. Pada tab media lah kita akan menyimpan gambar-gambar kita pada server wordpress. Menu Pustaka adalah semacam perpustakaan virtual tempat kita bisa melihat gambar-gambar yang telah kita upload sebelumnya, sedangkan menu Add New adalah menu untuk kita dapat menguplad gambar-gambar yang akan kita tampilkan/simpan ke dalam server wordpress.

unggah_media_baru

gambar diatas adalah ilustrasi dimana kita akan mengupload gambar-gambar kita.

pilih_berkas

Ilustrasi diatas memperlihatkan langkah selanjutnya yaitu memilih file-file gambar yang akan kita upload.

upload_foto

Ilustrasi diatas adalah memperlihatkan proses upload gambar kita ke server wordpress. Langkah selanjutnya adalah proses menyimpan perubahan tersebut yang akan kita lihat pada ilustrasi dibawah ini.

simpan_perubahan

Setelah kita memiliki gambar-gambar yang cukup yang akan kita jadikan sebagai gambar di dalam blog kita, sekarang kita menuju ke tab tulisan. Pilih menu Add New, maka kita akan dibawa menuju ke halaman tempat dimana kita akan menulis artikel kita. Ilsutrasi di bawah ini adalah ilustrasi tempat kita meletakkan artikel yang telah kita buat atau akan kita ketik.

halaman_menulis

Langkah selajutnya adalah meletakkan gambar yang telah kita simpan di server. Pilih menu tambahkan sebuah gambar yang ditunjukkan oleh icon kotak persegi empat kecil dengan sebuah kotak persegi empat yang lebih kecil lagi berwarna abu-abu gelap. Ilustrasi dibawah akan menjelaskannya

pic_button

Setelah kita klik icon tersebut maka akan tampil sebuah kotak dialog dimana melalui kotak dialog ini, kita akan memilih gambar-gambar yang akan kita letakkan. Ilustrasi dibawah akan menjelaskannya.

open_media

Kita dapat memilih  salah satu dari ke 3 menu yang ada dalam kotak dialog tersebut, apabila gambar yang akan kita upload belum ada, maka kita dapat menguploadnya dari sesion ini. Atau gambar dapat langsung kita kaitkan ke dalam text box, apabila gambar sudah ada pada saat kita mengupload dari menu media sebelumnya, atau kita dapat memperoleh gambar-gambar dari situs lain, hal ini dapat kita lakukan dengan memilih menu URL. Perlu diketahui apabila gambar kita upload bukan dari menu media tapi dari sesi ini, maka akan muncul tab baru yaitu tab galeri diantara tab galeri dan pustaka. Langkah berikutnya adalah memilih gambar dan meletakkanya pada text editor.

pilih gambar

Dan akhirnya Ilustrasi selanjutnya akan memperlihatkan gambar yang telah ada di dalam text editor wordpress yang siap kita terbitkan setelahnya.

final step

Demikianlah tutorial sederhana ini kiranya dapat membantu anda. salam

Sumber : http://trondolojadul.wordpress.com/

Iklan
Kategori:Nge-Blog Tag:
  1. 20 Agustus 2014 pukul 12:36:04

    An outstanding share! I have just forwarded this onto
    a co-worker who had been doing a little homework on this.
    And he actually bought me dinner due to the fact that I stumbled upon it for
    him… lol. So let me reword this…. Thank YOU for the meal!!

    But yeah, thanx for spending the time to discuss this subject
    here on your site.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: