Beranda > Nge-Blog > Chi.mp – Domain .mp Gratis untuk Identitas dan Aktivitas Online

Chi.mp – Domain .mp Gratis untuk Identitas dan Aktivitas Online

chimp-logo Berapa banyak informasi identitas online yang Anda miliki, berapa banyak situs social network yang Anda ikuti, dan berapa banyak blog atau website yang Anda kelola? Jika memang ada berbagai data identitas dan layanan tersebut yang Anda milki, bagaimana cara Anda menginformasikan alamat-alamat layanan tersebut ke teman Anda?

Jika Anda masih menyebutkan satu per satu ke teman Anda informasi identitas dan berbagai layanan online yang diikuti tersebut, ada kemungkinan masih ada yang terlewat atau teman Anda yang lupa mengingat atau mencatatnya. Bagaimana jika Anda menyediakan satu halaman web di mana semua informasi tersebut tercantum di dalamnya? Tentu Anda cukup menginformasikan alamat halaman web tersebut, dan teman Anda akan lebih mudah mengingatnya. Apalagi jika alamat halaman web tersebut singkat misalnya http://namamu.mp seperti yang ditawarkan oleh Chi.mp.

Chi.mp yang mempunyai kepanjangan “Content Hub & Identity Management Platform” ini akan menyediakan nama domain gratis .mp untuk penggunanya dimana pada alamat ini pengguna dapat mencantumkan informasi identitas atau profilnya, layanan-layanan online yang diikuti beserta aktivitasnya. Masing-masing informasi ini dapat diatur untuk siapa saja akan ditampilkan sehingga memang hanya yang diinginkan saja yang dapat melihatnya.

chimp-billboard

Melalui menu Profile, pengguna dapat memasukkan nama, pesan singkat, foto, dan deskripsi tentangnya. Selain itu di sini, pengguna dapat memasukkan username atau alamat profil dari satu atau beberapa layanan yang diikuti seperti Facebook, MySpace, Flickr, Twitter, Delicious, LastFM, YouTube, FriendFeed, Pownce, LinkedIn dan lainnya yang nantinya sehingga teman yang diberi tunjuk alamat .mp akan mudah menjangkaunya dengan mengklik icon layanan-layanan ini. Masih pada profil, pengguna juga dapat memasukkan nomor telepon, alamat email, account instant messenger, alamat blog atau website serta alamat tempat tinggalnya. Masing-masing informasi ini dapat diatur apakah akan dapat dilihat oleh semua orang, semua orang dalam daftar kontak, atau kontak dengan tag tertentu saja. Untuk mengatur bagaimana tampilan profil ini akan terlihat, pengguna dapat memilih themeyang akan digunakan melalui submenu Theme.

Melalui menu Contacts, pengguna dapat mengimpor daftar kontak dari aplikasi MS Outlook, Apple Address Book, atau program apa saja yang mensupport vCards dan juga dari aplikasi online seperti Twitter, Facebook, Gmail,  atau Yahoo Mail. Jika misalnya dari hasil impor berbagai sumber tersebut ada kesamaan nama, pengguna dapat melakukan penggabungan atau menghapus salah satunya. Disamping dengan jalan mengimpor, memasukkan kontak secara manual juga memungkinkan.

Melalui menu Services, pengguna dapat melakukan impor foto dan kontak dari Flickr, tweet dan follower dari Twitter, foto dan album dari Facebook, kontak dari Hotmail, kontak dari Yahoo, dan juga mengimpor konten lain dengan memasukkan RSS feed-nya. Status update dan foto-foto dari sumber yang dimasukkan inilah nantinya yang akan ditampilkan dalam daftar aktivitas terakhir ketika halaman dikunjungi.

Pada menu Settings, selain dapat digunakan untuk mengganti alamat email dan password yang digunakan dalam account Chi.mp, melalui menu Email Fowarding, pengguna dapat memilih alamat email dengan nama domain .mp yang dipilih dan mengaturnya untuk diteruskan ke alamat email yang ditunjukkan.

Karena Chi.mp bertindak juga sebagai OpenID Provider, pengguna dapat menggunakan alamat namamu.mp yang didaftarkannya untuk login ke situs dan layanan yang mensupport OpenID.

Sejatinya, .mp merupakan country code top-level domain (ccTLD) untuk Kepulauan Mariana Utara (Northern Mariana Islands), namun dalam perkembangannya akan digunakan untuk keperluan “personal identity and social networking”. Second-level domain .mp sendiri akan diintegrasikan pada layanan Chi.mp dan diberikan secara cuma-cuma untuk pengguna yang mendaftarkan diri pada Chi.mp. Sayangnya, sampai saat ini Chi.mp masih tahap beta dan  pendaftarannya baru dapat dilakukan untuk calon pengguna yang telah mempunyai beta code. Permintaan invitation code-nya sendiri sudah dapat dilakukan melalui website Chi.mp, dan pemohon harus bersabar untuk mendapatkan beta code ini sampai mendapat gilirannya.

Chi.mp | Permohonan Beta Code Chi.mp | maseko.mp

Iklan
Kategori:Nge-Blog Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: