Beranda > Nge-Blog > Cara Mendapatkan 1.000 Pengunjung Sehari Tanpa Bantuan Mesin Pencari

Cara Mendapatkan 1.000 Pengunjung Sehari Tanpa Bantuan Mesin Pencari

Mendapatkan seribu pengunjung sehari merupakan dambaan setiap blogger. Secara pribadi saya sering mengidam-idamkan hal tersebut. Terkadang saya suka miris seraya berkata pada diri sendiri: bisakah saya mendapatkan 1.000 pengunjung sehari? Apa yang harus saya lakukan untuk mencapainya?

Saya pernah menemukan sebuah blog bahasa Indonesia yang pengunjungnya sekitar 1.200 dengan page views 5.000. Herannya, blog tersebut hanya memiliki sekitar 10 postingan. Kebetulan pemilik blog lagi online, maka saya pun chatting dengannya. Dia menyebutkan bahwa 85 % pengunjungnya berasal dari mesin pencari. Dengan kata lain, dia menyarankan saya untuk mempertajam SEO.

Ah, sayangnya saya jemu dengan SEO. Sudah banyak saya menerapkan teknik-teknik SEO, namun hasilnya tidak memuaskan. Adakah cara mendapatkan pengunjung seribu sehari bagi blog bahasa Indonesia tanpa bantuan mesin pencari?

Jawabannya adalah bisa! Caranya dengan memanfaatkan situs social bookmarking dan forum. Di bawah ini adalah paparannya.

Situs social bookmarking

1. Lintas Berita

Lintas berita adalah situs social bookmarking favorit saya. Situs yang mengadaptasi Digg.com ini menerima kiriman artikel dari puluhan ribu anggotanya. Artikel yang populer diindikasikan dengan jumlah voting yang diberikan member. Dalam pengamatan saya, artikel yang mendapat voting 200 ke atas akan menjadi artikel Hot. Sementara itu, artikel yang sehari mendapat 400-500 voting akan masuk dalam Top 10.

Berapa banyak pengunjung dari artikel hot dan Top 10? Dari pengalaman saya dengan menggunakan blog saya yang lain, dalam sehari sebuah artikel hot bisa mendatangkan 500-700 pengunjung. Sementara artikel Top 10, bisa mendatangkan 1000-1800 pengunjung dalam sehari.

Pengunjung dari Lintas Berita

2. InfoGue

Berbeda dengan Lintas Berita, di Infogue artikel relatif mudah menjadi artikel hot karena nilai votingnya yang relatif kecil yaitu 40-50 voting. Dilihat dari jumlah pengunjung, infogue relatif lebih sedikit memberikan pengunjung yaitu 100-200 pengunjung.

Forum

Kaskus

Kaskus (kasak kusuk) adalah forum komunitas masyarakat Indonesia terbesar saat ini. Saya sendiri belum bergabung dengan forum ini, namun potensinya dalam mendatangkan pengunjung sama besar dengan Lintas Berita.

Secara kebetulan, hari kemarin ada seorang kaskuser yang berbaik hati dengan mengirimkan salah satu postingan saya di  KasKus. Yang mengejutkan, pengunjung yang datang mencapai 900 orang.

pengunjung dari kaskus

Gabungan pengunjung dari Lintas Berita, Infogue, dan Kaskus bisa menghasilkan page views yang besar (tembus 15,600 page views sehari) untuk ukuran blog berbahasa Indonesia. Grafik di bawah ini adalah salah satu contohnya.

15 ribu page views

Catatan Kecil

Adalah memungkinkan mendapatkan 1.000 pengunjung sehari tanpa bantuan mesin pencari. Yang perlu dilakukan adalah membuat artikel yang menarik sehingga bisa hot di Lintas Berita, InfoGue, dan Kaskus. Dalam pandangan saya, ketiganya merupakan sungai trafik yang menjanjikan.

Jika Anda ingin belajar banyak mengenai bagaimana membuat postingan yang laris manis di social bookmarking dan forum, saya merekomendasikan Anda untuk menyimak postingan-postingan Yep. Salah satu contohnya adalah Gadis China yang Gagal Audisi.

Iklan
Kategori:Nge-Blog Tag:
  1. 21 Juli 2010 pukul 6:30:54

    Thnks infonya.

  2. Yep
    6 Agustus 2010 pukul 15:46:06

    Kalau ngak salah ini tulisan dari Kang Yudiono di Blogodolar bukan ?
    Seharusnya ditulis dong sumber tulisannya….btw thanks utuk linknya :)

  3. 13 Juli 2011 pukul 14:05:08

    buat Yep : bukan masalah tidak di tulis sumbernya..karena pahala juga… udah mau repot share ilmu yang berguna ini..mungkin blog yang di ambil artikelnya bisa aja juga hasil kopas (xixixixixi..maap yang buat blog yang telah di kopas) kalo mau kopas mampir juga ke blog ku ambil semua deh dan jangan di tulis sumbernya..bahaya… jangan marah ya xixixixixi..buat pemilik blog ini..makasih banyak ya..salam kenal uke uke uke

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: